Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Logo Kelompok Tani Barong Mulya (Barmoel) dan maknanya

logo kelompok tani barong mulya barmoel
Logo Kelompok Tani Barong Mulya (Barmoel)

Logo Kelompok Tani Barong Mulya

BARMOEL NEWS - Gambar diatas adalah logo Kelompok Tani Barong Mulya di Dusun Legokbarong, Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Adapun makna dari logo Kelompok Tani Barong Mulya telah dijelaskan di dalam AD dan ART. Diantaranya sebagai berikut:

Segitiga

Ditempatkan sebagai latar belakang yang artinya 'dasar dari dasar'. Sudut atas bemakna religiusitas, sudut kanan adalah pemerintah dan sudut kiri artinya kelembagaan.

Sedangkan warna hijau pada segitiga berarti warna umum pertanian, yang bermakna berarti kedamaian, kebenaran dan kesejahteraan.

Lingkaran

Merupakan lingkaran utuh yang berarti kesempurnaan dan persatuan petani, dinamis dalam menyesuaikan jaman dan tantangan.

Warna kuning

Warna kuning pada lingkaran merupakan simbol emas atau kejayaan, diartikan pula sebagai keceriaan, kerterbukaan dan ilmu pengetahuan.

Bermakna bahwa menerima dengan sepenuh hati anugerah dalam hidup, bahwa menjadi petani merupakan 'tugas' dari Tuhan YME. Petani yang menghasilkan produk untuk menjadi pangan makhluk-makhluk-NYA.

Petani yang bertanam, kemudian setiap tanaman itu menghasilkan oksigen yang akan dihirup makhluk-NYA. Petani yang bertanam, kemudian akar, batang dan dau tanaman tersebut menyimpan air sehingga makhluk-NYA bisa minum air.

Bintang

Ada dua bintang di dalam dua sisi lingkaran, bintang tersebut bersudut sembilan. Angka 9 merupakan simbol angka tunggal tertinggi.

Bermakna bahwa dengan berkelompok, petani akan mencapai kesuksesan tertinggi. Kemudian mampu menjadi penerang 'kegelapan' di sebuah belahan bumi.

Tulisan kapital 'BARONG MULYA'

Ditempatkan diatas yang artinya kepentingan bersama lebih utama dari kepentingan perorangan. Merupakan nama dari kelompok yang berarti sebuah 'nama' yang mewakili segenap kepentingan bersama dari para anggota Kelompok Tani Barong Mulya.

Tulisan 'Kelompok Tani'

Tulisan ditempatkan di bawah yang berarti azas atau dasar. Merupakan kelembagaan yang menjadikan petani memiliki kesatuan dan kekuatan.

Entres pucuk tanaman teh

Berada di tengah lingkaran, entres merupakan bahan stek untuk perbanyakan tanaman teh. Dimaksudkan sebagai simbol komitmen Barong Mulya untuk melakukan regenarasi petani dan penerapan teknologi.

Diketahui, peserta musyawarah pendirian Kelompok Tani Barong Mulya diikuti mayoritas oleh petani teh.

Jika dalam perspektif jauh, gambar entres juga dilihat sebagai mata. Maksudnya adalah bahwa sebagai kelompok maka petani saling memperhatikan. Kemudian juga senantiasa waspada dan mengawasi ancaman yang berpotensi merugikan petani atau lembaga.

Tulisan 'Barmoel'

Merupakan singkatan dari Kelompok Tani Barong Mulya, namun dengan ejaan lama pada huruf 'U" menjadi 'OE".

Merupakan arti dari kelugasan dalam bertindak dan berkata (jika perlu disingkat agar gampang diucapkan dan diingat).

Kemudian memiliki sikap yang berani tampil beda jika diperlukan, tanpa melupakan latar belakang dan peran para leluhur. (enjs)

Sumber: AD/ART Kelompok Tani Barong Mulya