Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Saepudin bin Obih gantikan Zaenx sebagai Ketua KTH Pusaka Tani

Saepudin bin Obih menjadi ketua baru KTH Pusaka Tani, menggantikan Zaenx (9/7/2020).
Barmoel - Kelompok Tani Hutan (KTH) Pusaka Tani malam ini (Kamis, 9/7/2020) melaksanakan pemilihan ketua baru di Cafe Barong, Dusun Legokbarong, Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta.

Pemilihan dilaksanakan setelah pada hari Jumat sebelumya (3/7/2020), Zaenx terpilih sebagai ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Giri Pusaka.

Zaenx sebelumnya adalah Ketua di KTH Pusaka Tani, kemudian maju dicalonkan sebagai ketua LMDH Giri Pusaka melalui rapat pleno KTH Pusaka Tani.

Terpilihnya Zaenx sebagai Ketua LMDH Giri Pusaka membuat kekosongan jabatan ketua di KTH Pusaka Tani.

Dalam kesempatan ini, Adi Paryono sebagai Ketua Pembina memberikan arahan kepada Anggota KTH Pusaka Tani, khususnya kepada para calon ketua agar tidak mengesampingkan keorganisasian.

"Menggarap di hutan harus diperhatikan juga aspek keorganisasian, dengan begitu sama-sama saling mengingatkan agar usaha di garapan sesuai aturan," pesan Adi Paryono.

Sidang sempat diskors 10 menit, kemudian diberi tambahan waktu 5 menit karena dua calon yang diunggulkan oleh para anggota KTH Pusaka Tani berangkat dari forum karena ada kepentingan mendadak.

Peserta sidang akhirnya sumringah, karena calon ketua KTH Pusaka Tani datang 2 menit sebelum waktu skors habis.

Pemilihan dilanjutkan dan mufakat mengangkat Saepudin alias Ben bin Obih sebagai Ketua KTH Pusaka Tani menggantikan Zaenx yang kini menjadi ketua LMDH Giri Pusaka.

Serah terima jabatan dari Zaenx (kiri) kepada Saepudin bin Obih (kanan).
Asep Rahmat Saleh Setiaji alias Zaenx bin Adih bin Ngadiun, sebagai Ketua Demisioner di KTH Pusaka Tani menyatakan dukungannya kepada Ketua KTH Pusaka Tani terpilih.

Zaenx juga memberikan pesan agar melanjutkan agenda KTH Pusaka Tani yang telah berjalan, seperti mempermudah akses jalan menuju lahan garapan.

"Ketua sekarang (yang baru dipilih) harus melanjutkan agenda KTH (Pusaka Tani), yaitu jalan diperbagus. Agar petani kita mudah ke lokasi (garapan), semangat mengurus lahan," tegas Zaenx.

Sementara itu, Surwenda Sekretaris Dewan Pembina LMDH Giri Pusaka 'kabinet leci' memberikan pesan kepada jajaran pengurus baru KTH Pusaka Tani agar bersabar dan kuat mental.

"Posisi pengurus tidak mudah, masalah satu ke masalah lain menunggu untuk diselesaikan. Harus sabar!" Pesan petani berwajah tampan yang akrab disapa Pak Isur ini.

"Mental harus kuat, apa pun tindakan yang diambil selalu dipandang dari dua sisi yang berbeda. Benar dan salah. Jangan terpancing, jika orang memandang hanya sisi kesalahan kita. Saya yakin musyawarah dan kebersamaan kita akan menjadi landasan kekuatan kita," lanjut Surwenda memotivasi.

Selanjutnya Saepudin bin Obih akan menyusun kepengurusan untuk membantunya menjalankan amanat organisasi KTH Pusaka Tani. (enjs)