Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Profil Kelompok Wanita Tani (KWT) Barmulita

profil-kwt-contoh-logo

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata'ala, atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita diberikan berbagai kenikmatan khususnya nikmat panjang umur.

Kami sebabagai manusia biasa, sadar atas segala kekurangan dan keterbatasan dalam penyusunan profil kelompok wanita tani (KWT) Barmulita, tentunya banyak kekurangan, jauh dari kata sempurna. sebagai pengurus, kami minta maaf yang sebesar-besarnya.

I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Kelompok Wanita Tani (KWT) Barmulita adalah merupakan wadah perkumpulan petani wanita dan istri petani anggota Kelompok Tani Barong Mulya. Menjadi penyokong moril dan pendukung kemajuan pertanian di Dusun Legokbarong Desa Pusakamulya.

Tidak bisa dipungkiri, jika profesi sebagai petani menjadi salah satu profesi yang bukan favorit. Bahkan tidak jarang isi do'a dan harapan dari orang tua yang berprofesi sebagai petani, buruh tani ataupun petani penggarap yang enggan anaknya menjadi petani. Ini kami tahu dari obrolan-obrolan kami sesama petani atau istri petani.

Orang tua ingin anaknya bahagia dan tidak susah seperti dirinya, maka dari situasi ini bisa kita simpulkan jika profesi petani belum bisa menjadi jalan menuju kesejahteraan. Bertolak belakang dengan kenyataan, bahwa bumi Nusantara diciptakan oleh Tuhan menjadi salah satu belahan bumi paling subur di dunia. Kenyataan tersebut diikuti oleh fakta lainnya, yaitu 60-70% penduduk di Indonesia pada umumnya dan di Desa Pusakmulya khususnya bermata-pencaharian di bidang yang tidak lepas dari pertanian.

Tentu ada yang salah, dianugerahi tanah subur seharusnya menjadikan penduduknya unggul dalam pertanian. Maka dengan berdirinya Kelompok Wanita Tani (KWT) Barmulita semoga menjadi nafas baru bagi kemajuan pertanian di Desa Pusakamulya. Mendukung upaya-upaya yang dilakukan masyarakat dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani.

Ada pepatah mengatakan, "dibalik kesuksesan apa pun, senantiasa ada peran wanita dibelakangnya." Oleh karena itu, dengan berkelompok dalam KWT Barmulita diharapkan sebagai istri petani dan petani wanita menjadi faham akan tantangan, faham orientasi, faham perannya dalam kegiatan pertanian. Khususnya, para anggota KWT Barmulita bisa menyiapkan generasi penerus Bangsa yang sadar akan potensi besar lingkungannya, yakni takdir Tuhan menjadikan Nusantara sebagai tanah tersubur di muka bumi.

1.2 Tujuan

  1. Meningkatkan pemahaman wanita tani atau istri petani, tentang besarnya potensi pertanian, sehingga menyiapkan generasi yang sadar potensi lingkungan.
  2. Menjadi penyokong moril perjuangan dalam rangka meningkatkan kejahteraan masyarakat melalui usaha pertanian.
  3. Membudayakan gaya hidup petani yang menyenangkan dan penuh manfaat.
  4. Mewujudkan peningkatan katahanan pangan dan ekonomi masyarakat melalui usaha pertanian.

1.3. Visi dan Misi

Visi

Menjadi ruh bagi kemajuan pertanian di Nusantara.

Misi

Menjadi pendukung utama dalam usaha ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pertanian.

II. PROFIL KELOMPOK

Kelompok Wanita Tani (KWT) Barmulita merupakan kelompok wanita tani yang berdomisili di Dusun Legokbarong, RT. 09 RW. 04 Desa Pusakamulya Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat. Jenis kegiatan yang saat ini sedang dilakanakan adalah budidaya tanaman pekarangan, tabungan kelompok dan pertemuan rutin.

1. Identitas Kelompok

  • Nama kelompok : KWT Barmulita
  • Berdiri Tahun : 2015
  • Nomor izin kelompok : -
  • Kegiatan: Tanaman Pekarangan, Pertemuan Rutin dan Tabungan Kelompok
  • Alamat Sekertariat : Kp. Legokbarong RT. 9/4 Ds. Pusakamulya Kec. Kiarapedes. Pos. 41175
  • Nomor HP : +62831-2631-5056
  • e-mail : barmulita@gmail.com
  • Site: BarongMulya.blogspot.com

III. SUSUNAN PENGURUS DAN DAFTAR ANGGOTA KELOMPOK WANITA TANI BARMULITA

a. Pengurus

  • PELINDUNG : Kepala Desa Pusakamulya (ex-officio)
  • PENASEHAT : Ketua Kelompok Tani Barong Mulya (ex-officio)
  • KETUA : Ela Laelasari
  • SEKERTARIS : Rita Nurjanah
  • BENDAHARA : Yayah Karwati

b. Anggota :

  1. Hayanah
  2. Reni
  3. Nunung Nurtini
  4. Ani
  5. Dini
  6. Ida
  7. Nining Setianingrum
  8. Hilmy Hafizha
  9. Dina Sugianti
  10. Dede Sukaesih
  11. Imas Sumarni
  12. Dewi
  13. Anatasya
  14. Dewi Ashari
  15. Siti Nurtia
  16. Aneng Yunengsih
  17. Solha Awaliah
  18. Oneng Mulyani
  19. Numi
  20. Elah Hayati
  21. Siti Maesaroh

IV . PENUTUP

Semoga profil singkat ini memberikan manfaat dan memberikan sedikit informasi mengenai Kelompok Wanita Tani (KWT) Barmulita. Atas segala kekurangan dan kesalahan semoga dimaklumi, kritik dan saran kami senantiasa nantikan demi perbaikan di masa yang akan datang.

Wallahul Muwafiq Ilaa Aqwamith-thariq...
Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh...