Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Profil Pian Ahmad Sopian, Spesialis Sekretaris di Lembaga Pertanian

pian ahmad sopian barong mulya
Pian Ahmad Sopian
BARMOEL NEWS - Pian Ahmad Sopian, atau akrab disapa Iyan alias Dompi, adalah sosok dengan mobilitas tinggi dan kemampuan koordinasi yang menjadi andalan di berbagai lembaga pertanian di Desa Pusakamulya.

Seperti diprediksi berbagai pihak, Iyan kembali menempati posisi sekretaris di Kelompok Tani Barong Mulya, mendampingi Saepudin alias Ben yang menjadi ketua baru di Barmoel, sebagai hasil Musyawarah Barmoel pada Jum'at, 26 April 2024.

Berikut adalah perjalanan karirnya yang patut diacungi jempol:

Jejak Karir

1. KTH Pusaka Tani

Memulai perjalanan sebagai sekretaris di KTH Pusaka Tani yang mengelola tanah pemerintah di bawah pengawasan perusahaan perhutani.

2. KTH Barong Mulya

Merupakan sekretaris di KTH Barong Mulya, sebuah kelompok tani hutan yang beroperasi di tanah petani.

3. Kelompok Tani Barong (Barmoel):

Nama Iyan semakin dikenal luas saat ia menjadi Sekretaris di Kelompok Tani Barong (Barmoel), khususnya saat Enjang Sugianto menjabat sebagai PJ Ketua pada tahun 2020.

4. KTNA Kecamatan Kiarapedes

Ketika Enjang Sugianto naik menjadi ketua Kelompok KTNA Kecamatan Kiarapedes, Iyan diangkat sebagai salah satu pengurus di Divisi Taruna Tani.

5. Penyuluh Swadaya

Berkiprah sebagai Penyuluh Swadaya di Kecamatan Kiarapedes, Iyan turut aktif dalam program Petani Milenial (Petmil) Provinsi Jawa Barat.

Kontribusi dan Keunggulan

Iyan tidak hanya mengikuti, tetapi juga aktif berperan dalam pembentukan Taruna Tani KTM (Kelompok Tani Muda) di Desa Pusakamulya. 

Sebagai sekretaris, Iyan memiliki peran penting dalam menjalin koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Desa, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Purwakarta, serta Dinas Perkebunan Jawa Barat dan pihak terkait lainnya. 

Keterampilan koordinasi yang dimilikinya telah menjadi salah satu keunggulan yang mendasar bagi Iyan hingga saat ini.

Latar Belakang dan Keluarga

Iyan lahir pada 22 Maret 1992 di Legokbarong dengan nama Pian Ahmad Sopian. Ia merupakan putra dari pasangan Endang dan Ani. 

Iyan juga memiliki kedekatan keluarga yang erat dengan kakaknya, Ela Laelasari, mantan ketua KWT Barmulita, serta adiknya, Redi Rianto alias Eleh, yang menjabat sebagai bendahara Taruna Tani KTM.

Dengan dedikasi dan kontribusi yang telah ditunjukkan oleh Pian Ahmad Sopian alias Iyan dalam dunia pertanian, ia telah membuktikan dirinya sebagai spesialis sekretaris yang tak hanya berkompeten, tetapi juga memiliki integritas tinggi dalam menjalankan tugasnya.***